Rabu, 29 Februari 2012 Diposkan oleh Mest 0 komentar » Posted in ,

Khulafaur Rasyidin : Abu Bakar Ash Shiddiq ra

Khulafaur Rasyidin artinya adlah para khalifah yang arif dan bijaksana. Pasti tau kan siapa aja mereka? Mereka adalah sahabat Nabi. Kali ini aku akan membahas Abu Bakar Ash Shiddiq ra.

Abu Bakar dilahirkan 2 tahun 1 bulan setelah kelahiran Rasulullah SAW. Nama aslinya Abdullah bin Abi Quhafah, kemudian terkenal dgn julukan Abu Bakar, sedangkan Ash Siddiq diberikan oleh para sahabat karena ia sangat membenarkan Rasulullah SAW. dalam segala hal. Sejak muda, Abu Bakar menjadi teman akrab Rasulullah SAW. Dia yang menemani Nabi Muhammad SAW di gua Hiro.


Keagungan kepribadian Abu Bakar dapat disimak dari penggalan pidatonya ketika dilantik menjadi khalifah :
penumpasan
"Saya bukan orang terbaik diantara kalian, tetapi saya akan memelihara amanah yang telah kalian serahkan kepada saya. Kalau saya mengikuti ajaran Allah SWT dan petunjukRasul-Nya, maka ikutilah saya. Sebaliknya jika saya menyimpang, luruskanlah saya. Kebenaran adalah kejujuran, dan kebohongan adalah ketidakjujuran. Orang yang paling kuat dalam pandangan saya adalah orang-orang yang lemah diantara kalian. Oleh sebab itu saya akan menjami hak-hak mereka. Dan orang yang paling lemah dalam pandangan saya adalah orang-orang yang paling kuat diantara kalian. Dan saya akan mengambil sebagian dari hak-hak mereka (zakatnya)."

Program yang dicanangkan Abu Bakar setelah menjadi khalifah adalah meredam pemberontakan, memerangi mereka yang membangkang dan orang-orang yang murtad yang menimbulkan kekacauan. Program selanjutnya adlah pengumpulan dan penulisan ayat-ayat Al-Qur'an. Pengumpulan ayat-ayat Al-Qur'an ini dilakukan dengan pertimbangan :

  1. Banyak sahabat yang hafal Al-Qur'an gugur, dalam perang penumpasan orang-orang murtad.
  2. Ayat-ayat Al-Qur'an yang ditulis pada kulit-kulit kurma, batu-batu, dan kayu-kayu sudah banyak yang rusak sehingga perlu usaha penyelamatan.
  3. Penulisan ayat-ayat Al-Qur'an dan membukukannya ini bertujuan agar dapat dijadikan pedoma bagi umat Islam sepanjang zaman.
Semasa pemerintahannya, Abu Bakar berhasil memperluas daerah dakwah Islamiyah sampai Irak yang ketika itu dijajah oleh Kerajaan Persia, dan ke Syam yang dijajah oleh Romawi.

Setelah memerintah 2 tahun, Abu Bakar berpulang ke Rahmatullah pada tanggal 23 Jumadil Akhir 13 H, dalam usia 63 tahun dan dimakamkan dekat makam Rasulullah SAW. Beliau dikenal oleh para sahabat sebagai khalifah yang sangat taat kepada Allah SWT dan Rasul-Nya serta berbudi luhur.

Demikianlah kisah Abu Bakar yg kubaca di buku. Kutulis lebih singkat untuk menghemat waktu. Semoga bisa berguna bagi kita semua. Amin.

Sumber : Buku Pintar Agama Islam

0 komentar:

Poskan Komentar

The Hunger Games Mockingjay Pin

My Friends

Visitors